Ternyata ini Manfaat Buah Rimbang dan Khasiatnya Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Khasiat Buah Rimbang
Benih Buah Rimbang

Viralkan.id – Manfaat Buah Rimbang dan khasiatnya bagi kesehatan tubuh mungkin banyak yang kurang mengetahuinya. Kebanyakan dari kita adalah hanya mengkonsumsinya tanpa susah payah mencari informasi tentang manfaat buah rimbang ini.

Sekilas Tentang Buah Rimbang

Buah rimbang yang termasuk ke dalam family terong-terongan ini pada dasarnya yang sering di manfaatkan untuk keperluan bumbu masakan dan sayur-sayuran adalah pada buah dan bijinya. Dalam masyarakat dunia, buah ini lebih di kenal dengan nama mini eggplant atau turkey berry.

Rimbang termasuk tanaman semak yang kecil, namun tingginya bisa mencapai hingga 5 meter. Akan tetapi kenyataannya seringnya hanya tumbuh tinggi tidak lebih dari 2 meter saja. Buahnya saja dari bagian tanaman ini yang berbulu dan hampir semua bagian dari tanaman rimbang ini berduri. Bentuk daunnya adalah bulat telur dengan pangkal yang memiliki kemiripan dengan jantung buah pisang dan ada pula yang berujung tumpul atau agak bulat. Ukuran panjang daunnya sekitar 7 hingga 20 cm dan lebarnya antara 4 hingga 18 cm. Pohon rimbang ini memiliki bunga yang cukup banyak dengan bentuk menyerupai bintang berwarna putih dengan sedikit warna kuning yang ada di tengahnya. Buahnya banyak dan bergerombol dengan ukuran yang kecil. Persebaran dari buah rimbang ini ada di daerah tropis dan Antilla. Tumbuhan ini bisa hidup dengan liar di hutan, pada dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian mencapai 1600 m di atas permukaan air laut. Tanaman ini dapat tumbuh di musim kemarau atau penghujan, tetapi lebih baik jika menanamnya pada saat musim kemarau.

Rasa dari buah rimbang ini cukup pahit sehingga tentu saja banyak orang yang kurang menyukainya. Oleh karena itu buah rimbang ini lebih sering di campur dalam masakan sop atau tauco untuk menyamarkan rasa pahitnya. Tentu saja khasiat buah rimbang menjadi berkurang bila cara mengkonsumsinya harus di campur dengan menu masakan yang lainnya jika di bandingkan dengan langsung memakannya. Biasanya pohon rimbang ini di pakai para petani sebagai batang bawah bagi tanaman terong di karenakan pohon rimbang ini sudah cukup terkenal karena lebih tahan terhadap penyakit. Semua orang bisa mengkonsumsinya, tidak ada batasan pada usia muda maupun tua untuk mengkonsumsinya.

Manfaat Buah Rimbang
Buah Rimbang

Manfaat buah rimbang bagi orang Tapanuli biasanya untuk tambahan sayur pucuk ubi tumbuk, bagi orang Sunda sering di samakan dengan leunca yaitu untuk lalapan atau sayuran. Di negeri sebrang Thailand pun buah rimbang ini di olah menjadi kari sayur. Secara bentuknya buah rimbang memang memiliki bentuk bulat seperti leunca, akan tetapi yang membedakan dari keduanya adalah bulu-bulu pada buah rimbang yang tidak terdapat pada buah leunca.

Nama Lain dari Buah Rimbang

Ada beberapa nama lain dari buah rimbang yaitu : cepokak atau pokak (jawa), terong teter, ribbang (batak toba), terong pipit, takokak (sunda), terong belut, cokowana

Khasiat Buah Rimbang untuk Kesehatan

Buah rimbang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi sehingga baik bagi mata kita dan dapat memulihkan kesehatan mata seperti mata minus, mata rabun juga kemungkinan bisa di atasi jika kita mau mengkonsumsi buah rimbang ini secara teratur,

  • Pinggang yang terasa kaku,
  • Mengatasi rasa bengkak karena terbentur atau pukulan suatu benda,
  • Pada wanita dapat untuk mengobati gangguan tidak haid atau menstruasi,
  • Mengatasi sakit lambung,
  • Obat pusing kepala
  • Nafsu makan kurang
  • Bagian pada daun buah rimbang cocok untuk mengobati jantung berdebar,
  • Pada bagian buah dan daunnya juga bisa menjadi obat tekanan darah tinggi.
  • Menghilangkan batuk
  • Melancarkan peredaran darah dan darah beku,
  • Antioksidan berbagai macam penyakit kanker dan radikal bebas karena kekayaan vitamin C dalam buah rimbang ini

Demikianlah beberapa Manfaat Buah Rimbang dan Khasiat Buah Rimbang yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.