Pola aturan makan untuk diet berdasarkan waktu makan

Viralkan.id, Berbicara tentang diet, bisa dipastikan Anda akan berfikir tentang aturan-aturan yang mengekang selera makan terutama seperti junk food dan makanan-makanan cepat saji lainnya yang memang sebenarnya kurang baik untuk tubuh dan terutama untuk program diet ketat Anda. Oleh karena itu pada saat Anda serius dan berniat untuk melakukan program diet tentu saja Anda harus disiplin dengan diri Anda sendiri untuk menjauhi makanan-makanan junk food tersebut dan tentu saja mengalihkannya dengan makanan sehat yang tepat untuk dapat memberikan nutrisi yang terbaik bagi tubuh Anda. Aturan makan untuk diet mungkin bisa bermacam-macam polanya tergantung dari pelaku diet itu sendiri.

Di karenakan banyak sekali panduan untuk diet sehat sehingga justru kebanyakan dari kita bingung untuk memilih aturan makan untuk diet yang manakah yang akan kita ikuti. Secara garis besar sebenarnya aturan makan untuk diet sehat agar turun berat badan kita adalah bagaimana cara mengatur jam makan kita agar tidak berlebihan dan tentu saja sesuai dengan asupan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh kita.

Kebiasaan dari pelaku diet yang hanya berfikir bahwa dengan mengurangi porsi makanan maka akan berpengaruh kepada turunnya berat badan. Sah-sah saja sih hal itu di lakukan, akan tetapi jika Anda melakukannya tanpa di dasari dengan pengetahuan, mungkin bukan sehat yang akan Anda dapatkan akan tetapi bisa saja sakit dan penyakit yang akan datang menemui Anda.

Kebanyakan dari kita biasanya berfikir dengan mengurangi jatah sarapan atau mengulur-ulur waktu sarapan atau bahkan berjuang sekuat tenaga untuk tidak sarapan agar segera kita dapat mewujudkan tubuh ideal kita. Akan tetapi itu justru menjadi bumerang bagi diri kita sendiri karena kita justru akan merasa sangat lapar dan akan menggandakan porsi makan kita pada jam berikutnya sehingga akan membuat gula darah kita naik secara signifikan.

Aturan makan untuk diet agar turun berat badan sejatinya adalah mengatur pola makan tepat waktu, seperti waktu sarapan, makan siang ataupun makan malam di waktu yang tepat. Dan tentu saja makanan yang Anda konsumsi mengandung nutrisi tinggi yang di butuhkan oleh tubuh seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Sarapan, Sarapan adalah sekitar pukul 07.00-08.00, dan setelah lebih dari pukul 10.00 sebaiknya jangan sarapan. Jadi janganlah menunda-nunda waktu sarapan karena sarapan atau makan pagi menurut sebuah penelitian adalah waktu yang penting untuk sebuah diet sukses. Untuk membantu proses diet Anda dan mempercepat detox serta pembuangan toksin-toksin di dalam usus Anda dan agar program diet Anda semakin sukses.

Makan siang, Anda bisa makan siang pada waktu pukul 12.30-14.00 dan sebaiknya sebelum pukul 16.00 Anda hentikan waktu makan siang Anda. Idealnya jarak antara makan siang dengan sarapan adalah 4 jam sehingga jika Anda memulai makan siang pukul 12.30, maka berarti Anda harus menghentikan waktu sarapan Anda pada pukul 09.30

Makan Malam, Anda bisa memulai makan malam pada pukul 18.00-21.00 dan sebaiknya Anda tidak makan lagi setelah pukul 21.00. Paling tidak Anda berhenti makan 3 jam sebelum Anda tidur. Agar makanan yang telah Anda makan dapat di cerna secara maksimal oleh pencernaan. Oleh karena jarak makan yang dekat akan mampu meningkatkan insulin dan juga gula darah sehingga membuat Anda menjadi susah untuk tidur.

Pada intinya saat Anda melakukan program diet adalah membuat gula darah Anda stabil dan konsisten. Demikian aturan makan untuk diet berdasarkan waktu makan yang bisa Anda terapkan sehari-hari.

loading...