Macam Penyakit Hipertensi dan Faktor Pemicunya

Viralkan.id – Macam Penyakit Hipertensi dan Faktor Pemicunya. Hipertensi adalah penyakit yang sering di sebut juga dengan the silent disease, karena pada umumnya penderita tidak mengetahui bahwa dirinya mengidap penyakit hipertensi ini sebelum si penderita memeriksakan tekanan darahnya. Selain di sebut sebagai the silent disease, Hipertensi juga di sebut sebagai heterogeneous of disease. Disebut sebagai heterogeneous of disease adalah karena penyakit hipertensi mampu untuk menyerang siapa saja tanpa melihat kelompok sosial-ekonomi maupun dari kelompok umur yang berbeda-beda.

Hipertensi dikelompokkan ke dalam dua kategori yaitu kategori primer dan sekunder.

  • Hipertensi primer adalah hipertensi yang penyebabnya belum bisa diketahui secara jelas. Banyak faktor yang turut berperan sehingga mengakibatkan terjadinya hipertensi primer ini, misalnya : stress psikologis, hereditas (keturunan) ataupun dari faktor bertambahnya usia.
  • Hipertensi sekunder adalah hipertensi yang penyebabnya bisa jadi telah di ketahui secara pasti, misalnya : pemakaian kontrasepsi oral, terganggunya keseimbangan hormon yang menjadi salah satu faktor pengatur tekanan darah atau mungkin saja ginjal yang sudah tidak berfungsi.

Faktor pemicu dari penyakit hipertensi di bedakan menjadi 2 macam yaitu :

  1. Tidak bisa di kontrol seperti : jenis kelamin, keturunan, dan umur seseorang.
  2. Dapat di kontrol seperti : merokok, kurang olahraga, kegemukan, konsumsi alkohol, dan konsumsi garam.

Penyakit Hipertensi bisa dicegah dengan berolahraga yang teratur dan cukup serta pengaturan pola makan yang baik.

Seseorang dikatakan menderita penyakit hipertensi secara umum manakala tekanan darah sistolik atau diastoliknya melebihi 140/90 mmHg ( normalnya : 120 / 80 mmHg ).

  • Sistolik merupakan tekanan darah manakala jantung memompa darah ke dalam saluran pembuluh nadi ( pada saat jantung mengkerut ).
  • Diastolik yaitu tekanan darah sewaktu jantung mengembang dan menyedot darah kembali ( pada saat pembuluh nadi mengempis kosong ).

Demikian sekilas artikel tentang Penyakit Hipertensi. Semoga bermanfaat dan silahkan di share agar lebih banyak lagi yang bisa mendapatkan manfaatnya.