Kiat-Kiat Membiasakan membaca Al-Qur’an pada Anak

Viralkan.id – Kiat-Kiat Membiasakan membaca Al-Qur’an pada Anak. Tidak sedikit dari orang tua ingin mendidik anaknya agar tumbuh dengan memiliki karakter yang sholeh dan sholehah. Salah satunya dengan mendidik sang buah hati dengan menghafal Al-Quran. Hal ini adalah jurus jitu untuk menjadikan anak-anak kita agar terhindar dari utopia kehidupan sementara dan menatap masa depan dengan cara ke shalihan. Tidak sedikit anak-anak penghafal Al-Qur’an yang justru dapat menguasai Ilmu-ilmu dunia seperti Ilmu Alam dan Ilmu Sosial. Mendidik anak sejak dini dengan Al-Qur’an adalah pilihan yang tepat, ketika mereka sudah dewasa, mereka akan mempelajari lebih serius Ilmu-ilmu dunia dan pada masa remaja inilah mereka akan lebih dewasa dan mempunyai benteng untuk tidak melakukan hal-hal seperti pacaran, banyak bermain dan keluyuran seperti halnya remaja pada umumnya. Untuk itu, mari kita didik anak-anak kita untuk selalu dekat dengan Al-Quran dan selalu membiasakan diri membaca Al-Qur’an berikut kiat-kiat usaha untuk menjadikan anak kita cinta dengan Al-Quran dan dapat menghafalkan:

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-check-square”]Pertama, orang tua harus sepakat dan berkomitment untuk menjadi keluarga Qur’ani

Al-Quran adalah kunci sukses untuk membawa keluarga dapat meraih kebahagian dunia dan akhirat, untuk itu orang tua harus benar-benar berkomitment atau menjadikan Al-Quran sebagai Visi dan Misi dalam keluarga dan di jadikan aktifitas sehari-hari yang tidak boleh ditinggalkan.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-check-square”]Kedua, memperkenalkan Al-Qur’an sejak dalam kandungan

Sedini mungkin kita memperkenalkan anak dengan Al-Qur’an, termasuk sejak masih dalam kandungan. Kita bisa mendengarkan muratal sambil mengusap dan berdoa kepada Alloh agar suatu saat anak kita akan tumbuh menjadi anak yang cinta kepada Al-Qur’an dan ketika dewasa menjadi anak yang cerdas dari segi dunia dan akherat.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-check-square”]Ketiga, membiasakan membaca Al-Qur’an setiap hari

Biasakan anak kita untuk tidak pernah meninggalkan membaca Al-qur’an sedikitpun dan buatlah jadwal dan murajaah, agar anak terbiasa hidup dengan teratur dan disiplin membaca Al-Qur’an. Bisa jadi setelah sholat mahgrib atau selepas sholat subuh.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-check-square”]Keempat, Orang tua menjadi suri tauladan yang baik

Sebelum kita mendidik anak, maka kita harus terus memperbaiki diri agar menjadi suri tauladan yang baik. setelah itu berikanlah nasehat dan menanamkan kebaikan pada anak dengan penuh kasih sayang. Kita juga dituntut untuk lebih mencintai Al-Qur’an.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-check-square”]Kelima, Pilih sekolah fomal yang tepat, khususnya di bidang Agama

Sekolah juga salah satu hal yang terpenting, dimana kita harus mendidik dengan lingkungan yang mendukung. Jika perlu pilihlah pondok pesantren sebagai pendidikan anak yang mengajarkan anak kita tentang Al-Qur’an.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-check-square”]Keenam, Bangun dakwah dan jalin tali silaturahhmi didalam keluarga

Komunikasi adalah sesuatu yang tidak boleh kita lupakan, kita harus lebih dekat kepada anak dan mendengarkan keluh kesah yang mereka alami. Berikan cerita yang membangun karakter seperti pribadi Rosululloh.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-check-square”]Ketujuh, Berikan reward untuk meningkatkan prestasi anak

Berikan sesuatu yang berharga ketika anak-anak kita memperoleh hafalan Al-Qur’an lebih banyak, seperti makanan kesukaan. Dengan demikian, mereka akan lebih giat dalam menghafal.

loading...