Keutamaan dan Manfaat Surah Al -Waqiah

Viralkan.id – Keutamaan dan Manfaat Surah Al -Waqiah. Surah Al-Waqiah adalah surah ke-56 dan juz ke-27 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 96 ayat. Dalam surah ini terdapat banyak doa yang bisa diucapkan seorang muslim untuk meminta kepada Allah.

Kandungan yang terdapat di dalam surah Al-Waqiah yaitu menceritakan tentang bagaimana dahsyatnya hari kiamat dan semua perbuatan manusia selama di dunia akan dimintai pertanggungjawabannya, bahkan orang kafir sekalipun. Allah juga menerangkan bagaimana manusia itu diciptakan secara sempurna.

Bagaimana bisa adanya Api dan tumbuh – tumbuhan, sesungguhnya di balik itu semua terdapat pelajaran yang bisa diambil bagi orang-orang yang mau menggunakan akalnya untuk berfikir dan melihat betapa besar kekuasaan AllahSubhanahu wa Ta’ala. Dan kita diperintahkan untuk menyakini bahwasanya akan adanya hari kebangkitan bagi semua makhluk.

Manfaat Surah Al – Waqiah

Berikut beberapa keutamaan membaca surah Al-Waqiah

– Dengan membaca surah Al-Waqiah setiap hari kita mendapatkan pahala dan terhindar dari kekafiran.

– Dimudahkan dalam segala urusan

– Mendapatkan pahala yang banyak

Telah kita ketahui bersama bahwa Al-Qur’an adalah  kitab suci umat muslim yang diturunkan oleh Allah sebagai wahyu kepada nabi Muhamad Shallallahu ‘alaihi wa sallam melalui perantara malaikatnya yang mulia, yaitu malaikat Jibril.

Mukjizat yang di berikan Allah kepada nabi Muhamad sangatlah banyak, namun mukjizat yang terbesar yang didapatkan oleh beliau adalah Al-Qur’an. Dan Al-Qur’an tidak usah ditanya lagi tentang keasliaanya karena telah dijamin oleh Allah mengenai keotentikannya hingga hari kiamat kelak.

Manfaat membaca Al-Qur’an terbilang sangat banyak sekali bagaimana tidak jika membaca satu huruf saja sudah mendapatkan sepuluh kebaikan (pahala). Al-Qur’an diturunkan menggunakan bahasa Arab, akan tetapi walaupun kita tidak bisa berbahasa Arab dan tidak mengetahui artinya cukup dengan membacanya kita sudah bisa  mendapatkan pahala.

Keutamaan Membaca Al-Qur’an:

Berikut beberapa keutamaan membaca Al-Qur’an

-Menenangkan Hati

Dengan membaca Al-Qur’an akan membuat hati seseorang menjadi lembut dan menjadi tenang. Selain itu, kita juga mendapatkan pahala sesuai dengan berapa huruf yang kita baca. Semakin banyak kita membacanya maka tentu akan semakin banyak pula pahala yang bisa kita ambil buat tabungan di akhirat kelak.

-Ladangnya Ilmu Pengetahuan

Al-Qur’an bukan hanya sekadar untuk dibaca akan tetapi dipahami, dipelajari dan diamalkan sesuai yang di perintahkan oleh  Allah dan Rasulnya. Di dalam Al -Qur’an berisi tentang ilmu pengetahuan yang sangat luas dan sudah  dibuktikan dengan berbagai macam penelitian yang sudah di lakukan oleh orang-orang kafir maupun orang Islam itu sendiri. Dengan mempelajari arti yang terdapat di dalam Al-Qur’an dapat menambah ilmu dan wawasan kita.

-Mendapatkan Petunjuk

Dengan selalu membaca Al-Qur’an akan membuat seseorang dimudahkan untuk mendapatkan petunjuk karena Al-Qur’an bisa membuat hati seseorang menjadi lembut dan mudah untuk menerima kebenaran atau petunjuk dari Allah Azza wa Jalla.

-Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

Kelak di hari kiamat orang yang membaca Al-Qur’an akan mendapatkan syafaat melalui bacaannya tersebut. Dalm hadits,

Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya”(HR. Muslim).

-Mendapat Berlipat Pahala

Dengan membaca satu saja huruf dari Al-Qur’an, akan mendapat ganjaran satu kebaikan, dan akan dilipatgandakan lagi menjadi 10 kebaikan. Dalam sebuah hadits dikatakan,

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Pelajarilah Al Quran ini, karena sesungguhnya kalian diganjar dengan membacanya setiap hurufnya 10 kebaikan, aku tidak mengatakan itu untukالم  , akan tetapi untuk untuk Alif, Laam, Miim, setiap hurufnya sepuluh kebaikan.” (HR. Ad Darimy, disebutkan dalam kitab Silsilat Al Ahadits Ash Shahihah, no. 660).