Inilah Manfaat Daun Sirsak untuk Asam Urat yang Sangat Ampuh

Tidak semua orang mengetahuimanfaat daun sirsak untuk asam urat.Sirsak merupakan buah tropis yang disukai karena rasanya yang asam manis dan segar untuk dibuat jus. Tentu saja sebagai buah, sirsak banyak mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun siapa sangka, daun sirsak pun saat ini sudah mulai dimanfaatkan untuk kesehatan. Daun sirsak ini juga bisa dimanfaatkan untuk penyembuhan penyakit asam urat lho.

Sebelummengetahui manfaat daun sirsak untuk asam urat, Anda perlu mengetahui apakah penyakit asam urat itu? Penyakit asam urat atau disebut juga gout merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri, pembengkakan dan rasa panas di persendian.

Bagian tubuh yang lebih sering terserang penyakit asam urat ini adalah persendian jari tangan, pergelangan tangan, lutut, pergelangan kaki, dan sendi jari kaki. Penyakit ini lebih sering menyerang laki-laki di usia 30 tahun ke atas sedangkan perempuan akan lebih rentan mengalami penyakit asam urat setelah menopause.

Penyakit asam urat disebabkan oleh tusukan kristal- kristal tajam di sekitar sendi yang muncul karena penumpukan zat asam urat. Orang yang suka mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin berlebihan dan minuman beralkohol lebih beresiko tinggi mengalami asam urat.

Zat purin diolah oleh tubuh menjadi asam urat, namun apabila berlebihan, ginjal tidak bisa mengeluarkannya sehingga berubah menjadi kristal asam urat yang menumpuk di persendian tersebut. Makanan yang mengandung purin contohnya jeroan, melinjo, seafood, makanan yang telah dikalengkan, bayam, durian, dan air kelapa.

Kita telah mengetahuimanfaat daun sirsak untuk asam urat. Sirsak (Annona muricata) merupakan buah yang aslinya berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buahnya banyak mengandung karbohidrat, terutama fuktosa, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Bijinya beracun dan dapat digunakan sebagai insektisida alami. Kayunya bisa dimanfaatkan sebagai kayu bakar atau bahan kerajinan. Daunnya merupakan obat alami untuk berbagai macam penyakit seperti kolesterol, ambeyen, dan asam urat.

Daun sirsak mengandung zat actogenin. Actogenin, menurut penemuan Dr. Jerry McLaughlin dari Purdue University mengemukakan bahwa zat tersebut merupakan anti kanker yang sangat kuat. Selain actogenin, daun sirsak juga mengandung adryamicin dan antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan bahaya penyakit yang setiap saat mengintai tubuh Anda. Lalu bagaimana cara membuat sari daun sirsak agar mendapatmanfaat daun sirsak untuk asam urat?

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Pertama, siapkanlah 8-10 lembar daun sirsak yang masih segar.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Bersihkan daun sirsak dengan air mengalir karena di alam terbuka daun sirsak akan terkena debu yang menyebabkannya kotor.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Potong-potong daun sirsak menjadi beberapa bagian. Hal ini agar nantinya zat-zat yang terkandung dalam daun sirsak dapat keluar dan bercampur dengan air secara maksimal.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Rebus potongan daun sirsak yang telah dibersihkan tadi dengan 2 gelas air.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Masak dengan api sedang.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Terus rebus hingga yang tersisa airnya tinggal satu gelas saja.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Minumlah secara rutin dua kali sehari pada pagi dan malam.

Mudah bukan? Anda bisa membuat sendiri di rumah. Semoga Anda bisa mendapatkanmanfaat daun sirsak untuk asam uratsehingga Anda tidak perlu lagi mengkonsumsi obat-obatan berbahan kimia. Selain itu, penting sekali bagi Anda untuk melakukan upaya pencegahan yaitu dengan menghindari faktor- faktor dan makanan penyebab penyakit asam urat seperti yang telah dijelaskan di atas. Semoga tulisan ini bermanfaat dan selamat mencoba.