Inilah Jet VTOL Bertenaga Listrik Pertama di Dunia

Viralkan.id – VTOL ( Vertical Take-Off and Landing ) merupakan pesawat terbang yang memiliki sayap tetap dan mempunyai kemampuan untuk melakukan tinggal landas dan mendarat secara vertikal. Pesawat dengan teknologi VTOL sudah tidak memerlukan landasan pacu sebagaimana pesawat terbang biasanya. Jet VTOL idealnya pada awalnya di kembangkan untuk di gunakan sebagai pesawat tempur yang berada pada pangkalan di atas kapal induk dikarenakan tidak memerlukan lagi landasan pacu.

Beberapa riset telah di lakukan untuk mengembangkan teknologi VTOL yang mana untuk paten pertama dari teknologi ini di miliki oleh Nicola Tesla. Nicola Tesla mendaftarkan idenya dan memperoleh paten dengan nomor paten US1655113 dan US1655114 yang dua – duanya di dapatkan tanggal 3 Januari 1928.

Tonggak sejarah baru telah di ukir oleh Lilium dengan mempromosikan produk Jet VTOL Bertenaga Listrik yang tidak memerlukan landasan pacu lagi. Jet mini ini memiliki kemampuan terbang mencapai kecepatan 300 km / jam dan jarak tempuhnya hingga 300 km.

Berikut ini video Lilium jet VTOL bertenaga listrik pertama di dunia :