Inilah 9 Kandungan Daun Kemangi yang bermanfaat bagi tubuh – No. 7 Sangat Bermanfaat bagi Pria

Viralkan.id – Ternyata daun kemangi mengandung banyak sekali bahan-bahan yang sangat di butuhkan oleh tubuh kita. Kandungan yang terdapat di dalam daun kemangi diantaranya :

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Betakaroten (provitamin A)

Betakaroten (provitamin A) yang di dalam tubuh mempunyai peran untuk mendukung fungsi penglihatan, sintetis protein yang berfungsi mendorong proses pertumbuhan tubuh dan juga dapat meningkatkan respon antibodi (meningkatkan fungsi kekebalan tubuh) serta sebagai antioksidan.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Vitamin C

Vitamin C yang berfungsi untuk pembentukan kolagen untuk penyembuhan luka dan berguna untuk memlihara elastilitas kulit, dapat membantu penyerapan kalsium dan besi, antioksidan serta mencegah terjadinya pembentukan nitrosamin yang mempunyai sifat karsinogenik atau dapat menyebabkan kanker.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Kalsium

Dimana kalsium sangat penting untuk pembentukan dan pertumbuhan tulang, membantu kontraksi otot, transmisi impuls saraf dan membantu mengaktifkan reaksi enzim.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Fosfor

Sedangkan fosfor mempunyai peran dalam pertumbuhan tulang, untuk penyerapan dan transportasi zat gizi dan mengatur keseimbangan asam dan basa.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Magnesium

Magnesium untuk membantu merelaksasikan jantung dan pembuluh darah sehingga dapat melancarkan aliran darah.

Daun kemangi juga mengandung komponen nongizi, diantaranya : senyawa flavonoid dan eugenol, arginin, anetol, boron dan juga minyak atsiri.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Flavonoid dan eugenol

Flavonoid dan eugenol mempunyai peran sebagai antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas, menetralkan kolesterol serta bersifat antikanker. Senyawa ini juga mempunyai sifat antimikroba yang dapat mencegah masuknya bakteri, jamur atau virus yang membahayakan tubuh. Selain itu eugenolnya dapat membunuh jamur penyebab keputihan sehingga sangat bagus untuk di konsumsi oleh wanita.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Arginin

Kandungan arginin dalam daun kemangi dapat memperkuat daya tahan sperma dan untuk mencegah kemandulan.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Anetol dan Boron

Senyawa anetol dan boron juga mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan reproduksi pria dan wanita, dapat juga berperan untuk merangsang kerja hormon androgen dan estrogen dalam sistem reproduksi wanita, serta untuk mencegah pengeroposan tulang.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Minyak Atsiri

Minyak atsiri sangat mudah menguap dan mempunyai aktivitas biologis sebagai antrimokroba. Minyak atsiri di bagi menjadi 2 komponen yaitu komponen hirokarbon dan juga komponen hidrokarbon teroksigenasi atau fenol. Minyak atsiri dapat mencegah pertumbuhan mikroba penyebab penyakit seperti Staphylococcos aureus, Salmonella enteritidis, serta Escherichia coli.

Adapun komposisi dari nilai gizi yang terdapat didalamKandungan Daun Kemangiper 10 g bisa di lihat pada tabel yang ada di bawah ini :

Zat Gizi

Kadar

Energi (kkal)

46

Protein (g)

4

Lemak (g)

0,5

Karbohidrat (g)

8,9

Kalsium (mg)

45

Fosfor (mg)

75

Besi (mg)

2

Vitamin A (RE)

750

Vitamin B (mg)

0,08

Vitamin C (mg)

50

Air (g)

85

Demikian sebagian dari beberapa Kandungan Daun Kemangi yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita yang bisa kami uraikan. Barangkali masih banyak sekali Kandungan Daun Kemangi lainnya yang belum bisa kami sebutkan. Dari situ dapat kita ketahui bahwa ternyata daun kemangi mempunyai banyak manfaat dan khasiat yang ampuh bagi tubuh kita. Mulai sekarang habiskan saja daun kemangi yang ada di menu lalapanmu ya.. hehehe…

 Share jika bermanfaat… Terima kasih…

loading...