Inilah 9 Alasan Kenapa Anda Merasa Selalu Lapar

Viralkan.id – Lapar… mungkin ini adalah satu kata yang biasa Anda rasakan pada saat sedang dalam keadaan stres ataupun bosan. Namun ternyata bukan hanya Anda yang yang mengalami perasaan seperti itu. Akan tetapi sebenarnya banyak faktor lain yang bisa menyebabkan Anda merasa selalu merasa kelaparan.

Ahli gizi sekaligus seorang dosen nutrisi berasal dari New York University, Lisa Young, Ph.D mengatakan bahwa wajar bagi Anda jika terasa lapar selama 3-4 jam sekali.

Akan tetapi, jika Anda selalu merasa sering lapar dalam waktu 3-4 jam seperti di atas, dibawah ini adalah 9 alasan yang mungkin bisa memberikan kejelasan kenapa perut Anda sering terasa lapar terus-menerus. seperti dikutip dari laman self.com. Inilah 9 Alasan Kenapa Anda Merasa Selalu Lapar :

1. Terlalu sering mengkonsumsi makanan kaya akan karbohidrat

Olahan karbohidrat bisa diperoleh di roti tawar, kue, nasi putih, permen, dan semua makanan yang membuat perut Anda puas. Akan tetapi, ternyata semua makanan tersebut pada dasarnya justru meningkatkan kadar gula darah Anda secara significant.

Makanan tersebut bisa dicerna dengan cepat, dan membuat insulin merespon gula yang tinggi sehingga menyebabkan kadar gula darah jadi rendah mengakibatkan Anda jadi lapar. Dilain pihak gula darah rendah akan mampu membuat otak memberikan perintah kepada Anda agar mengkonsumsi makanan yang mampu menghasilkan energi secara drastis, misalnya gula. Inilah kemungkinan Anda selalu lapar dan menjadikan makan terlalu banyak.

2. Anda mulai kehilangan lemak, serat dan protein

3 nutrisi yang mampu mengenyangkan Anda, yaitu lemak, serat dan protein. Jika makanan terdapat ke-3 nutrisi ini maka waktu cerna yang di butuhkan akan menjadi lebih lama, ini memungkinkan Anda menjadi tidak terasa lapar setelah makan dalam beberapa waktu ke depan.

Lisa memberikan anjuran minimal ada 1 elemen dari ke 3 nutrisi di atas dalam hidangan Anda, walaupun dua atau tiga elemen di atas akan jauh lebih baik. Protein adalah nutrisi yang paling mengenyangkan, oleh karena itu sebaiknya pilihlah makanan yang mengandung banyak protein. Sedangkan serat bisa menstabilkan gula darah Anda dan mencegah Anda untuk tidak terlalu banyak makan.

3. Perhatikan jumlah porsi makanan

Apabila makanan yang Anda makan sudah cukup mengandung elemen protein, lemak, dan serat, tetapi Anda masih merasa lapar, berarti porsi makanan yang Anda makan masih kurang. Coba tambahkan porsi makanan Anda dengan sesuatu yang mengandung nutrisi, ketimbang karbohidrat olahan.

4. Anda sebenarnya hanya merasa haus

Ketika Anda merasa sedang lapar, cobalah Anda meminum 1 gelas air putih. Beberapa kasus menyatakan rasa lapar sebetulnya hanya sekedar rasa haus saja. Jika segelas air ini tidak bisa menghilangkan rasa lapar, maka ini merupakan satu pertanda bahwa Anda memang benar-benar merasa lapar.

5. Anda memiliki metabolisme tubuh yang cepat

Anda pasti pernah menemukan orang-orang yang bisa memakan apapun yang mereka inginkan dan tetap memiliki tubuh yang kurus. Hal itu dikenal dengan keunggulan genetik.

Beberapa orang memiliki metabolisme yang sangat cepat. Jika Anda salah satunya, maka Anda bisa saja makan lebih banyak dan sering. Metabolisme bukanlah faktor stabil dalam kehidupan seseorang, namun jika Anda memiliki masalah dengan hal ini, maka Anda dapat memperlambatnya dengan diet rendah kalori.

6. Anda kurang porsi tidur

Jika Anda mengalami kurang tidur, maka bisa jadi Anda akan merasakan lapar di siang hari. Orang yang kurang tidur, kontrol hormonal mereka menjadi tidak seimbang dan mengakibatkan mereka makan secara berlebihan. Selain itu, ada dua hormon utama yang juga bisa menyerang Anda adalah kortisol (hormon stres) dan ghrelin (hormon lapar).

Ketika Anda kurang tidur, kedua hormon tersebut akan menginginkan adanya asupan gula dan lemak atau apapun yang bisa dijadikan sebagai bahan bakar yang cepat. Ingat, kebutuhan tidur tiap-tiap individu berbeda-beda, waktu normalnya adalah tujuh sampai sembilan jam dalam sehari.

7. Anda terlalu keras berlatih kebugaran

Tingkat aktivitas harian Anda mempunyai pengaruh yang besar pada perasaan lapar yang Anda alami. Ketika Anda memiliki banyak aktivitas, maka asupan makan juga perlu lebih banyak. Bagaimana mengetahuinya? Datanglah ke ahli gizi atau Anda dapat mengukurnya sendiri dengan indikator.

8. Obat-obatan bisa membuat Anda lapar

Ada Beberapa obat yang bisa meningkatkan nafsu makan. Saran yang biasa diberikan adalah dengan menanyakan kepada dokter atau membaca efek samping dari obat yang akan Anda konsumsi.

9. Anda sedang mengalami PMS

Tentu saja hal ini hanya dialami oleh kaum wanita. Siklus menstruasi memang mempunyai peranan penting dalam hal rasa lapar yang Anda alami. Biasanya Anda akan terus menerus merasa lapar dan makan tanpa alasan selama masa PMS ini.