Inilah 13 Manfaat Kayu Secang No. 7 Paling Sering di Gunakan

Viralkan.id – Inilah 13 Manfaat Kayu Secang No. 7 Paling Sering di Gunakan. Mengenal rempah-rempah atau tanaman memang tidak ada habisnya, kadang yang dipertanyakan yaitu manfaat yang ada pada tanaman tersebut. Apabila tanaman tersebut memiliki manfaat yang banyak sudah dipastikan menjadi sesuatu yang dicari-cari. Kamu tahu tanaman secang? kalau tidak, tanaman inilah yang paling sering dicari orang, karena banyak sekali memilik manfaat yang luar biasa, bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh tapi ada sisi lain manfaat yang dimilikinya. Jadi sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, tanaman ini mempunyai ciri-ciri yang mudah dikenali yakni tingginya sekitar 6 meter dan batangnya berwana coklat berbentuk silinder. Berikut ini khasiat atau manfaat kayu secang yang sudah saya rangkum, simak baik-baik ya :).

Khasiat dan manfaat kayu secang :

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Bahan pewarna alami

Kayu secang sering digunakan semua orang sebagai bahan pewarna alami makanan, pada umumnya kulit kayu ini sering keluar warna atau zat merah alami,warna tersebut terkadang berwarna merah pekat. Di dalam kayu secang mengandung senyawa yang bernama ‘Brazilin”, senyawa inilah yang menyebabkan mengapa kulit kayu secang mengeluarkan warna merah. Dibawah ini merupakan pewarna yang sering digunakan dari kayu secang. Sebagai pewarna tekstil, bisa kamu temukan pada pembuatan corak batik, pewarna pada cat, ataupun pewarna alami pada makanan yang tidak perlu di khawatir kan lagi sebab pewarna dari kayu secang tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Pembuatan Minuman

Salah satu manfaat kayu secang yang luar biasa yaitu bisa dibuat sebagai salah satu minuman yang sangat nikmat. Nah apakah kamu pernah mendengar minuman wedang secang? kalau pernah berarti itu minumannya. Minuman secang merupakan minuman khas dari Yogyakarta, bahan utama dalam pembuatan wedang tradisional ini yakni kayu secang yang di kombinasikan dengan jahe dan gula merah. Jadi cocok sekali meminumnya di saat hari dingin. Padahal wedang secang dan wedang jahe sama-sama nikmat saat di konsumsi, namun wedang secang memiliki manfaat tersendiri yang belum kamu ketahui,berikut ini manfaat dari wedang secang : Untuk mengusir rasa kantuk, Sebagai wedang yang berguna untuk menyegarkan tubuh. Membuang rasa kantuk, cocok sekali bagi yang suka kerja malam. Dan juga untuk meningkatkan stamina atau tenaga.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Media Pengobatan

Tahukah kamu selain sebagai pewarna makanan dan pembuatan minuman, namun kayu secang ini bermanfaat juga sebagai salah satu pengobatan berbagai penyakit, khasiat yang terkandung pada kayu secang memang sangatlah luar biasa. Meskipun pada umumnya kayu secang mempunyai manfaat yang luar biasa, namun penyakit yang dapat diobati hanyalah penyakit ringan saja dan bukanlah jenis-jenis penyakit kronis sebab kayu secang mengandung senyawa alami yang berperan sekali untuk kesehatan tubuh. Berikut ini merupakan jenis penyakit yang bisa di obati oleh kayu secang, simak baik-baik ya,

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Sebagai salah satu penawar obat mencret,

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Meringankan batuk,

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Dapat membersihkan darah kotor di tubuh,

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Dapat menyembuhkan luka parah dengan cepat,

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Menghentikan atau mencegah pendarahan yang berlebihan,

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Berguna untuk inflasi tubuh atau bisa dibilang anti bakteri pada tubuh,

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Dapat mengobati batuk yang parah termasuk batuk darah,

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Mengatasi muntah darah,

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Dapat mengobati penyakit sifilis,

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Infeksi tetanus dan tumor seperti pembengkakan yang parah.

[fa size=”13px” color=”#0000FF” icon=”fa-hand-o-right”]Dapat juga untuk mengobati penyakit seperti TBC.

Itulah khasiat yang dimiliki oleh kayu secang, semoga artikel yang saya bagikan ini bermanfaat bagi pembaca, jangan lupa juga bagikan ke media sosial ya :).

loading...