Cara Menghilangkan Bau Pada Kaki

Viralkan.id – Cara Menghilangkan Bau Pada Kaki. Bau kaki seolah menjadi momok yang menakutkan untuk setiap orang, khususnya bagi mereka yang setiap hari harus bertemu dengan orang – orang banyak. Saat memakai sepatu, mungkin bau kaki tidak akan terlalu mengganggu karena tertutup oleh sepatu dan kaos kaki. Namun ketika sepatu tersebut dilepas maka biasanya bau tidak sedap langsung akan tercium dengan kuat. Masalah bau kaki lebih sering dijumpai pada pria dibandingkan wanita. Pasalnya pria mengenakan sepatu yang lebih tertutup dan juga mengenakan kaos kaki.

Penyebab kaki bau dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Namun pada dasarnya kaki mengeluarkan bau menyengat biasanya karena kebiasaan hidup yang tidak sehat atau kurang menjaga kebersihan. Misalnya setelah memakai sepatu dan kaos kaki selama seharian, kaki tidak dicuci dengan sabun antibakteri sehingga membuat keringat dan kuman masih menempel di kaki. Kebiasaan tersebut tanpa disadari menjadi masalah bau kaki. Jika bau kaki cukup menyengat, orang – orang di dekat kita pun menjadi merasa tidak betah dan lebih memilih untuk menjauh supaya tidak mencium bau kaki yang tidak sedap tersebut. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kaki bau. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan.

Antiperspirant

Salah satu obat penghilang bau kaki yang dapat digunakan adalah antiperspirant. Ini merupakan bahan yang berbentuk seperti krim. Biasanya bahan kosmetik ini digunakan untuk membersihkan wajah. Namun antiperspirant juga cukup efektif untuk mengatasi bau kaki. Caranya oleskan antiperspirant pada telapak kaki. Krim ini dapat membantu menekan produksi keringat dengan cara mempersempit pori – pori dan memblokir saluran menuju ke kelenjar keringat. Dengan demikian, kegiatan yang dilakukan dalam waktu lama tak akan terlalu berdampak buruk untuk kesehatan kaki. Gunakan antiperspirant ini setiap kali sebelum memakai sepatu dan kaus kaki.

Baking Soda

Di dunia kuliner, baking soda menjadi bahan yang sering digunakan untuk membuat kue. Di dunia kecantikan, baking soda digunakan sebagai exfoliator alami kulit. Di bidang kesehatan, bahan yang satu ini ternyata dapat mengatasi bau kaki.Cara alami menghilangkan bau kaki dengan baking soda adalah dengan mencuci kaki secara teratur dengan campuran baking soda dan air. Kegunaan baking soda di sini berfungsi untuk mengatasi bau kaki dengan membunuh bakteri – bakteri yang menimbulkan bau kaki.  Jadi baking soda dapat digunakan untuk membantu menyerap aroma yang tidak sedap pada kaki.

Memenuhi Kebutuhan Mineral

Ketika tubuh kekurangan mineral seperti magnesium dan zinc, hal ini ternyata akan membuat tubuh lebih bau, khususnya kaki. Oleh sebab itu menambah asupan mineral magnesium dan zinc dalam rutinitas harian dapat membantu mengurangi jumlah keringat yang keluar dan menjadi cara menghilangkan bau kaki dengan cepat. Mineral zinc dapat diperoleh dengan mengkonsumsi biji labu, daging sapi, ikan salmon, dan yoghurt. Sementara itu untuk magnesium, Anda dapat menemukannya pada kacang hitam, kacang almond, dan beras merah.

Obat Kumur

Pada dasarnya fungsi obat kumur adalah untuk menyegarkan mulut sekaligus menghilangkan aroma tidak sedap di mulut yang disebabkan oleh bakter pada plak gigi atau gusi. Pemakaian obat kumur ternyata juga dapat diaplikasikan untuk kaki. Obat kumur diketahui dapat menjaga kaki tidak bau. Caranya bersihkan kaki dengan obat kumur sampai bersih. Lakukan cara ini sebelum memakai sepatu atau kaos kaki dan saat melepaskan sepatu tersebut.

Rutin Ganti Kaos Kaki

Cara agar kaki tidak bau yang terakhir dan paling sederhana adalah mengganti kaos kaki setiap hari. Hal ini dapat meminimalisir bau yang muncul pada kaki. Selain itu pilihlah kaos kaki yang terbuat dari katun sehigga kaki tidak lembab.