Cara Mendidik Anak Dengan Baik

Viralkan.id – Cara Mendidik Anak Dengan Baik. Orang tua mana yang tidak ingin buah hatinya tumbuh besar dengan budi pekerti yang baik serta taat beragama. Namun, untuk mencapai itu semua tidak semudah yang kita bayangkan. Perlu kerja keras dan ketelatenan dalam mendidik anak, baik itu untuk menjadi anak yang baik maupun menjadi anak yang sholeh. Setiap anak mempunyai cara yang berbeda dalam memberikan pemahaman dan penjelasan dalam mendidik satu sama lain, termasuk anak pertama akan berbeda dengan anak kedua. Selain itu, umur menjadi salah satu faktor penting bagaimana kita bersikap dalam mendidik. seperti anak usia 4 tahun akan berbeda dengan anak yang sudah mencapai 7 tahun atau sudah beranjak 11 tahun. Kita harus menjaga betul agar anak kita tidak terjerumus oleh pergaulan yang sangat mengkhawatirkan di luar sana, kadangkala di lingkungan kita sendiri orang-orangnya tidak mencerminkan akhlak yang baik dan sewaktu-waktu bisa menular pada anak kita. Untuk itu, agar terhindar dari kekhawatiran itu, kita perlu mendidik anak kita sebaik mungkin.

Berikut ini cara mendidik anak kita dengan baik :

Sekolah formal berbasis agama

Tidak bisa dipungkiri, sekolah yang berbasis agama menjadi solusi yang baik bagi orang tua dalam mendidik anaknya secara formal. Sekolah berbasis agama akan memberikan dan menanamkan akhlak keislaman bagi peserta didiknya. Maka dari itu, tidak hanya ilmu pengetahun yang menjadi prioritas, namun perilaku dan pengetahuan agama anak kita juga akan lebih di prioritaskan. Bahkan, saat ini pondok pesantren tidak hanya memberikan materi Agama saja dalam kurikulum, tapi juga ilmu lain, seperti Ilmu Pengetahuan Sosial dan Alam serta Tekonologi Informasi.

Kedekatan orang tua dan contoh teladan

Orang tua mempunyai peran yang sangat fital dalam mempengaruhi pribadi seorang anak. Jika anda super sibuk, sempatkanlah waktu untuk bercengkrama dan sampaikan petuah-petuah atau nilai-nilai yang baik kepada anak. Jangan sampai anda sibuk dengan urusan bisnis atau kantor, sedangkan anak anda tidak mendapat perhatian. Banyak sekali kasus orang tua yang kurang bahkan tidak memperdulikan anak karena kesibukan untuk membangun bisnis dan usaha, sedangkan mereka tidak membangun generasi yang baik, tidak heran apabila orang tuanya kaya dan anaknya sangat hedonis akan gemerlapnya dunia yang serba kecukupan. Untuk itu mari kita dekatkan diri pada anak dan menjadi contoh agar menjadi sosok yang memiliki kepribadian baik dan yang paling penting akidahnya nomer satu.

Proteksi lingkungan dan teman sepermainan

Bagi anak ABG atau anak yang sedang puberta, biasanya ingin mencari banyak hal diluar. Maka lingkungan dan teman menjadi media untuk mengeksploitasi keingintahuan mereka. Apabila anak kita didalam lingkungan yang tidak baik, maka bisa jadi anak kita akan terbawa arus. Untuk itu perlu menasehati atau memproteksi agar tidak salah pergaulan. Pada umur 10 tahun keataslah anak-anak sedang mencari hal-hal yang baru. Carikanlah anak-anak yang suka mengaji dan anak yang suka melakukan aktivitas yang menunjang prestasi seperti ekstrakulikuler di luar sekolah.

Mari kita jaga anak-anak kita agar menjadi pribadi yang baik, berkarakter dan taat dalam beragama dengan cara mendidik anak dengan baik dan tentunya dimulai dari orang tuanya sendiri.