9 Khasiat Buah Alpukat Untuk Kesehatan – No 7 Diluar Dugaan

Viralkan.id – Khasiat buah alpukat. Sekilas tentang buah alpukat. Berbicara tentang buah, pasti tidak terlepas dari membicarakan pohonnya. Ketinggian pohon dari buah alpukat ini tumbuh hingga mencapai ketinggian 20 meter. Panjang dari daun pohon alpukat ini sekitar 12 – 25 cm. Untuk bentuk buah dari buah alpukat ini bentuknya menyerupai bentuk dari buah pear dan panjangnya sekitar 7 – 20 cm. Berat dari buah alpukat ini mencapai 100 hingga 1000 gram dan mempunyai biji besar berukuran 5 – 6,4 cm ( walaupun sekarang juga sudah banyak alpukat tanpa biji ). Buah alpukat adalah buah yang tua di pohon akan tetapi masak setelah dipanen atau dalam istilahnya adalah buah klimakterik. Oleh karena untuk menjadi masak buah alpukat ini harus benar-benar tua terlebih dahulu sebelum dipetik.

Alpukat merupakan buah yang memiliki khasiat atau manfaat serta kandungan gizi yang luarbiasa banyaknya. Selain berkhasiat tentu saja buah ini sangat lezat untuk disantap apalagi dibikin jus. Khasiat buah alpukat untuk kesehatan cukuplah banyak. Walaupun ada yang berpendapat bahwa makan buah alpukat ini kurang baik bagi tubuh dikarenakan buah alpukat ini banyak mengandung lemak. Namun pada kenyataannya tidaklah demikian karena justru pada saat kita mengkonsumsi alpukat justru bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama sehingga justru akan membantu untuk dapat mengontrol berat badan berlebih kita.

Beberapa ahli yang ada di Loma Linda University telah menjalankan riset bahwa menambahkan buah alpukat ini pada makan siang mempunyai efek terutama pada kadar gula darah dikarenakan efek yang terjadi di respon insulin, serta tentu saja perasaan kenyang yang lebih lama. Temuan awal yang mereka hasilkan mendasari penelitian yang lebih lanjut mereka soal khasiat buah alpukat ini untuk digunakan sebagai pengganti dari bagian makanan yang bisa di gantikan oleh buah ini.

Salah satu badan yang secara finansial mendukung di lakukannya uji klinis agar mengetahui hubungan antara efek positif diabetes, kontrol berat badan juga resiko penyakit jantung terhadap adanya peningkatan jumlah konsumsi alpukat ini adalah The Hass Avocado Board ( HAB ).

Kandungan buah alpukat

Satu buah alpukat yang berukuran sedang kandungan yang terdapat di dalamnya adalah mengandung hampir 21 gram lemak, dan kabar baiknya adalah kandungan lemak yang terbanyak adalah lemak monounsaturated dimana ini adalah lemak yang baik untuk kesehatan. Jika dibandingkan dengan pisang, ternyata buah alpukat mengandung 60% lebih banyak potassium atau kaliumnya. Buah alpukat ini juga kaya akan vitamin B, kandungan seratnya juga lebih tinggi jika Anda membandingkannya dengan buah yang lain. Serat yang ada pada buah alpukat 25% serat yang larut dan 75% serat yang larut.

Untuk mengatur fungsi tubuh serta untuk menstimulasi pertumbuhannya sehingga buah alpukat ini kaya akan mineral. Khasiat buah alpukat untuk regenerasi sel darah merah serta untuk mencegah anemia adalah adanya zat besi serta tembaga yang terdapat di dalam buah alpukat itu sendiri. Manfaat buah alpukat yang lain adalah sebagai sumber vitamin E dan atau bermacam vitamin B. Proses pencernaan juga terbantu dikarenakan adanya kandungan serat yang cukup banyak yang terdapat pada kandungan buah alpukat ini. Untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi adalah juga salah satu manfaat buah alpukat ini karena mengandung karbohidrat dan lemak tak jenuh.

Berikut ini 10 khasiat buah alpukat untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui :

1. Dapat menyerap nutrisi dengan lebih baik. Karotenoid merupakan likopen dan beta karoten dan adalah nutrisi yang penting untuk kesehatan yang lebih baik. Dengan mengkonsumsi buah alpukat bisa meningkatkan jumlah karotenoid dari makanan diserap hingga 5 kali. Adanya peningkatan ini terwujud karena enzim dan nutrisi yang terdapat di dalam alpukat mampu mengurangi peradangan di lambung dan juga peradangan yang terjadi di lapisan mukosa usus halus. Efek gandanya adalah bukan hanya saja tenaga listrik dari nutrisi yang terkandung pada alpukat saja yang Anda dapatkan, namun juga akan memperoleh manfaat yang jauh lebih besar dari berbagai makanan yang Anda pilih untuk Anda makan bersamaan dengan buah alpukat ini.

2. Sebagai sumber serat. Serat larut dan serat tidak larut terkandung di dalam alpukat. Dimana hal ini akan bermanfaat untuk membantu fungsi usus agar tetap sehat, juga untuk mencegah meningkatnya gula darah secara drastis setelah makan serta dapat membantu mencegah penyerapan kembali kadar kolesterol oleh tubuh sehingga akan berkurang.

3. Khasiat buah alpukat untuk ibu hamil. Folat sangat penting untuk pertumbuhan janin agar selalu sehat dan alpukat adalah salah satu sumber alami folat. Jika Anda para Ibu sedang merencanakan untuk program hamil maka versi sintetis asam folat sangat direkomendasikan bagi Anda dan sangat bagus untuk calon janin Anda sehingga pilihan mengkonsumsi buah alpukat adalah salah satu pilihan yang cerdas dan alami untuk kesehatan calon buah hati Anda.

4. Khasiat buah alpukat untuk mata. Walaupun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana mengkonsumsi buah alpukat bisa membantu kesehatan mata kita, namun mengkonsumsi alpukat tentu saja bisa meningkatkan asupan Lutein, dimana Lutein berfungsi untuk melindungi dari degenerasi makula serta potensi terjadinya pembentukan katarak.

5. Khasiat buah alpukat untuk mencegah stroke. Seperti telah kita ketahui bahwa buah alpukat mengandung folat. Hal ini juga bermanfaat bagi kita untuk kita konsumsi guna mengurang resiko terhadap penyakit stroke. Dimana seseorang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung folat tinggi lebih sedikit beresiko terkena serangan stroke daripada mereka yang hanya sedikit mengkonsumsi hidangan yang terkandung folat di dalamnya.

6. Buah alpukat terdapat lemak baik. Seperti telah di jelaskan di dalam artikel di atas bahwa alpukat mengandung banyak lemak, namun lemak yang terkandung di dalam buah alpukat adalah lemak yang justru akan membantu menurunkan tekanan darah serta menjaga kesehatan jantung, serta dapat juga untuk membalikkan resistensi insulin yang mana akan bisa menuju pada diabetes tipe 2.

7. Buah alpukat sebagai makanan untuk otak. Omega 3 dan vitamin E yang alami yang terdapat di dalam alpukat secara klinis terbukti menghambat laju penyakit Alzheimer dan kemungkinan juga mampu untuk mengembalikan ke tahap awal.

8. Khasiat buah alpukat untuk kolesterol. Beta sitosterol yang ditemukan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol di percayai oleh para peneliti dimana dalam sebuah studi kadar kolesterol dari peserta yang ikut dalam pengujian meningkatkan konsumsi buah alpukatnya selama satu minggu dan di dapatkan penurunan kadar olesterol sebanyak 17%

9. Buah alpukat sebagai sumber vitamin E. Vitamin E adalah vitamin yang sangat penting dan berguna untuk kesehatan secara menyeluruh. Efek positif terhadap penyakit jantung, pencegahan kanker, pengembangan katarak, stroke, dan juga yang secara umum dikenal mempunyai sifat antiaging bagi usia lanjut. Dan vitamin E tentu saja terkandung di dalam buah alpukat sebagai sumber vitamin E tersebut.

Demikian kandungan serta khasiat buah alpukat yang tentu saja sangat bermanfaat jika kita mampu untuk mengkonsumsinya sehari-hari. Bisa Anda hidangkan bersama dengan makanan atau Anda campurkan ke dalam es buah atau bisa Anda buat sebagai juice juga.

loading...