6 Fadilah dan Manfaat Surat Al-Ikhlas Bagi Seorang Muslim

Viralkan.id – 6 Fadilah dan Manfaat Surat Al-Ikhlas Bagi Seorang Muslim. Surat Al-Ikhlasadalah salah satu surah Makiyah yang diturunkan di kota Mekah dan merupakan surah ke-112 dalam Al-Qur’an.

Surah ini mengandung kemurnian tauhid kepada Allah, karena di dalam surah tersebut membahas tentang sifatsifat AllahYang Maha Sempurna. Oleh karena itulah, setiap hamba yang membacanya ia berarti telah memuliakan dan mengagungkan Allah.

Keutamaan Surat Al Ikhlas

Membaca surah Al-Ikhlas sama saja membaca sepertiga dari Al-Qur’an. Karena di dalam Al-Qur’an terdapat tiga bagian, yaitu tentang tauhid, kisah-kisah, dan fikih atau hukum-hukum syariat. Sementara surah Al-Ikhlas ini berisi tetang tauhid atau mengesakan Allah.

Dalam sebuah hadits dari Abu Darda’, ia berkata,

عَنِ النَّبِيِّ قَالَ: ((أَيَـعْجِزُ أَحَدُكُمْ أَنْ يَقْرَأَ فِي لَيْلَةٍ ثُلُثَ القُرْآنِ؟))، قَالُوْا:وَكَيْفَ يَقْرَأُ ثُلُثَ القُرْآنِ؟ قَالَ: ((قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ تَعْدِلُ ثُلُثَ القُرْآنِ))

Dari Nabishallallahu ‘alaihi wa sallambeliau bersabda, “Apakah seseorang dari kamu tidak sanggup membaca Al –Qur’an dalam satu malam?”Kemudian para sahabat bertanya,Bagaimanakahseseorang mampu membaca Al-Qur’an dalam satu malam?” KemudianNabipunbersabda,Qul Huwallaahu Ahad’ itusebanding dengan sepertigaAl –Qur’an” (HR.Muslim)

Surah ini juga merupakan bantahan terhadap orang-orang kafir dan musyrik yang menyebutkan bahwaAllah mempunyai anak. Mengenai bantahan ini, Allah juga berfriman dalam ayat yang lain,

وَقَالُوا اتَّخَذَ الرَّحْمَنُ وَلَدًا(88)لَقَدْ جِئْتُمْ شَيْئًا إِدًّا(89)تَكَادُ السَّمَوَاتُ يَتَفَطَّرْنَ مِنْهُ وَتَنْشَقُّ الْأَرْضُ وَتَخِرُّ الْجِبَالُ هَدًّا(90)أَنْ دَعَوْا لِلرَّحْمَنِ وَلَدًا(91)

Dan mereka telah berkataTuhanYangMahaPemurah mempunyai anak’ Sesungguhnya kamu telah mendatangkan suatu perkara yang paling mungkar. Hampir-hampir langit pecah dengan perkataan itu, dan bumi terbelah,dan gununggunung runtuhmereka mendakwakanbahwa AllahYang Maha Pemurahmemiliki anak.(QS. Maryam: 88-91)

Makna Surah Al-Ikhlas

Padaayat pertamasurah Al-Ikhlas yang berbunyi‘Qul huwallahu ahad’(Katakanlah, dialah Allah Yang Maha Esa), mengandung makna bahwa Allah yang telah mengajarkan kepada seluruh makhluk agar mereka mengatakan bahwa yang menciptakan alam semesta ini adalah Dzat yang tunggal dan tidak ada tandingan baginya.

Padaayat kedua, Allah menegaskan bahwa hanya kepada Dia-lah setiap hamba wajib menggantungkan hidupnya.

Selanjutnya padaayat ketiga, Allah mengatakan bahwa Dia tidak memiliki anak dan tidak pula diperanakkan. Ayat ini adalah bantahan terhadap orang-orang kafir dan musyrik yang mengatakan bahwa Allah memiliki anak.

Orang Nasrani mengatakan bahwa Nabi Isa adalah putra Allah, sementara kaum Yahudi mengatakan bahwa Uzair adalah anak Allah. Selain itu, orang-orang musyrik Arab mengatakan bahwa Malaikat adalah anak perempuan Allah. Dan dalam ayat ini, Allah menolak itu semua.

Padaayat terakhir,Allah menegaskan sekali lagi bahwa tidak seorang pun yang menyamai sifat-sifat yang dimiliki Allah. Syaikh Abdurrahman As-Sa’di mengatakan tentang ayat ini, “dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia” yaitu yang menyerupai Allah baik dengan sifat, nama, maupun perbuatan-Nya.

Fadilah Surah Al-Ikhlas

Dari uraian tentang surah Al-Ikhlas di atas kita bisa memetik beberapa fadhilah dari surat tersebut, di antaranya:

1. Mengetahui bahwa Allah itu tunggal/esa dan tidak ada sekutu yang menyamai-Nya.

2. Allah tidak membutuhkan sekutukarena Dia bisa melakukan segala ketetapannya sendiri.

3. Mengetahui nama-nama dan sifat-sifat dari Allah Ta’ala

4. Mengetahui bagaimana cara untuk mentauhidkan Allah

5. Orang yang mengatakan bahwa Allah memiliki anakadalah pendusta yang besar. Dan dia sungguh menuduh yang tidak benar kepada Allah.

6. Hak Allah atas hambanya dan kewajiban hamba atas Allahadalah denganmenjauhi perbuatan syirik dan apa-apa saja yang menyebabkan kesyirikan.