5 Manfaat Hidup Rukun Dalam Islam dan Hidup Bermasyarakat

Viralkan.id – 5 Manfaat Hidup Rukun Dalam Islam dan Hidup Bermasyarakat. Hidup rukun artinya saling menghormati dan saling menyayangi antara sesama manusia. Secara umum kerukunan suatu perilaku yang mencerminkan adanya saling pengertian, sehingga terciptalah perdamaian, kasih sayang, dan persaudaraan.

Dalam Islam, terciptanya suatu kerukunan harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan dunia dan seisinya. Allah berfirman,

Walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak bisa mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah akan mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”(QS. Anfal: 63)

Penerapan hidup rukun benar-benar harus dilakukan dalam masyarakat kita, karena kita akan saling membutuhkan antara satu orang dengan orang yang lainnya. Maka kita harus siap untuk menerima setiap kondisi yang terjadi di berbagai manusia yang ada dan kita juga harus bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Agama Islam adalah agama yang menekankan tentang persaudaran dan persatuan antar sesama muslim dan melarang akan adanya perpecahan. Allah berfirman dalam sebuah ayat,

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.”(QS. Ali Imran: 3)

Dalam kehidupan bermasyarakat, kita hendaknya saling berbuat baik, saling mengingatkan satu lain. Persaudaraan dan persatuan tidak seharusnya menjadikan kita mengabaikan amar ma’ruf nahi munkar.Namun hendaknya tetap memperhatikan kaidah-kaidah dalam menasihati sesama teman atau tetangga.

Antar sesama muslim itu hakikatnya adalah saudara yang mana kalau ada saudaranya berbuat kesalahan, maka saudaranya menasihatinya. Begitu pula sebaliknya. Dalam sebuah hadist Nabi bersabda,

اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا.مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Seorang mukmin bagi mukmin lainnya laksana bangunan, satu sama lain saling menguatkan.(Muttafaqun‘Alaihi)

Hidup dalam kerukunan antar sesama manusia, bahkan meskipun berbeda keyakinan, sangatlah penting. Berikut beberapa faedah dari kehidupan yang rukun.

1. Mempererat Tali Persaudaraan

Ketika kita hidup rukun dengan siapa saja, maka terciptalah tali persaudaraan yang baik, persatuan dan kesatuan yang baik. Akan timbul pula kedamaian dan ketentraman yang pada akhirnya kita akan merasakan kebahagiaan.

2. Mengurangi resiko pertikaian

Dalam hidup kita pasti dihadapi dengan berbagai masalah yang bisa membuat kita berselisih dengan keluarga sendiri ataupun dengan tetangga sekitar, baik perselisihan mulut atau sampai perselihan secara fisik.

Perselisihan atau pertikaian sangat dilarang oleh Allah, sebagaimana firman-Nya,

Dan janganlah kamu menyerupai orang-orang yang bercerai-berai dan berselisih sesudah datang keterangan yang jelas kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yang mendapat siksa yang berat,” (QS. Ali Imran: 105)

3. Memiliki Rasa nyaman, tentram, dan aman

Kita semua pasti menginginkan kehidupan yang aman, nyaman, dan tentram. Untuk meciptakan lingkungan yang demikian, kita harus menjaga hubungan baik kita dengan lingkungan sekitar. Jika ini sudah kita lakukan, maka kita akan bisa merasakan betapa enaknya hidup tanpa gangguan ataupun ancaman-ancaman dari luar.

4. Memiliki banyak teman

Hidup rukun di masyarakat akan membuat kita bisa berbaur dengan teman-teman baru. Komunikasi yang baik akan menumbuhkan rasa kerpercaayan yang membuat hubungan akan terasa semakin damai.

5. Menciptakan keharmonisan antar sesama manusia

Jika pada sesama masyarakat kita ramah, saling memberi salam, saling tolong-menolong, dan kebaikan-kebaikan yang lain, maka secara tidak langsung kita akan menciptakan suasana yang harmonis dalam kehidupan bermasyarakat. Kita adalah makluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.

Demikian beberapa manfaat hidup rukun yang mungkin akan bisa kita rasakan jika kita telah menjadikan pola hidup rukun sebagai bagian terpenting dalam kehidupan bermasyarakat kita.