5 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil – No. 3 Paling Penting

Apakah Anda sudah tahu tentangmanfaat buah naga untuk ibu hamil? Buah naga merupakan buah dari tanaman jenis kaktus madu yang kandungan nutrisinya sudah tidak diragukan lagi. Buah naga bukanlah buah asli Indonesia. Buah ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Buah naga memiliki kulit yang berwarna kemerahan namun ada berbagai jenis buah naga berdasarkan warna daging buahnya. Daging buah naga ada yang berwarna merah, putih, kuning, dan ada pula yang berwarna hitam.

Wanita yang sedang dalam masa kehamilan memerlukan asupan nutrisi yang lebih daripada saat keadaan normal. Asupan nutrisi ini nantinya akan dibutuhkan oleh ibu hamil itu sendiri dan janin dalam kandungan.

Asupan nutrisi seperti vitamin, asam folat, protein dan zat besi sangat penting bagi tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu selama masa kehamilan. Pertumbuhan janin dalam kandungan dan kesehatan ibu hamil akan terganggu apabila kekurangan nutrisi makanan tersebut.

Siapa sangka, buah naga yang biasa dikonsumsi langsung atau dibuat jus ini kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Untuk itu, Anda perlu tahu apa sajamanfaat buah naga untuk ibu hamil.

[fa size=”13px” color=”#e65cc3″ icon=”fa-heart-o”]Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah naga cukup tinggi. Vitamin C sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk meningkatkan sistem imunitas sehingga ibu hamil tidak mudah terserang berbagai macam penyakit seperti flu, batuk, dan berbagai macam penyakit lainnya.

Vitamin C juga dibutuhkan oleh janin yang ada di dalam kandungan supaya tidak mudah terserang oleh berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan kuman yang ada di dalam rahim.

[fa size=”13px” color=”#e65cc3″ icon=”fa-heart-o”]Mencegah Anemia (Kurang Darah)

Manfaat buah naga untuk ibuhamil selanjutnya adalah untuk mencegah anemia atau kekurangan darah. Ibu hamil rentan terkena anemia karena pada masa kehamilan, sel darah ibu terbagi menjadi dua, yaitu untuk ibu hamil itu sendiri dan untuk janin yang sedang dikandungnya.

Buah naga kaya akan kandungan zat besi, yaitu sebanyak 0,65 miligram per 100 gramnya. Zat besi sangat berguna untuk pembentukan sel darah merah, sehingga bisa mencegah anemia pada ibu hamil. Janin yang dikandung oleh ibu hamil yang mengalami anemia juga akan terkena dampaknya, diantaranya kecerdasan yang berkurang, rentan mengalami kelainan darah, dan bahaya lainnya.

[fa size=”13px” color=”#e65cc3″ icon=”fa-heart-o”]Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Selain mencegah anemia,manfaat buah naga untuk ibu hamillainnya adalah untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Buah naga kaya akan asam folat. Asam folat berperan penting dalam tumbuh kembang janin selama berada di dalam rahim sang ibu. Kekurangan asam folat bisa menyebabkan bayi cacat atau keguguran.

[fa size=”13px” color=”#e65cc3″ icon=”fa-heart-o”]Sebagai Penangkal Radikal Bebas

Buah naga kaya akan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya bagi ibu yang sedang hamil karena dapat menyebabkan bayi lahir prematur atau menyebabkan bayi lahir cacat. Radikal bebas bisa disebabkan oleh polusi udara atau bahan kimia. Untuk itu, penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan.

[fa size=”13px” color=”#e65cc3″ icon=”fa-heart-o”]Menormalkan Tekanan Darah

Buah naga mengandung vitamin B yang cukup tinggi. Kandungan vitamin B pada buah naga berfungsi untuk menormalkan tekanan darah pada ibu hamil. Ibu hamil yang mengalami hipertensi akan sangat rentan mengalami masalah komplikasi kehamilan. Untuk itu penting bagi ibu hamil untuk menjaga agar tekanan darahnya tetap stabil.

ApakahAnda masih penasaran? Silahkan mencoba mengonsumsi buah naga dan rasakanmanfaat buah naga bagi ibu hamil. Saat ini, buah naga bisa kita dapatkan dengan mudahnya baik di pasar- pasar tradisional maupun di supermarket. Harganya pun cukup terjangkau dibandingkan dengan masa awal buah ini diperkenalkan di Indonesia karena sekarang sudah banyak terdapat tempat budi daya buah naga di Indonesia.

loading...