4 Manfaat Menggunakan Jilbab dan Tujuannya Dalam Islam

Viralkan.id – 4 Manfaat Menggunakan Jilbab dan Tujuannya Dalam Islam. Menggunakan jilbab yang syari’i adalah kewajiban bagi seorang wanita muslim. Tidak sekadar menutupi rambut, jilbab juga seharusnya terjulur sampai ke dada, atau bahkan ke seluruh tubuh mereka. Hal ini sesuai dengan firman Allah,

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Ahzab: 59).

Dalam kitabnya yang berjudul Fathul Qodir, Asy Syaukanirahimahullahmengatakan bahwa jilbab adalah pakaian yang ukurannya lebih besar dari khimar. Selain itu, ulama lain mengatakan bahwa jilbab adalah pakaian yang mampu menutupi seluruh tubuh wanita.

Pada saat ini, meengenakan hijab sudah menjaditrendtersendiri bagi kaum hawa. Mereka mengenakan jilbab hanya untuk terlihat cantik di depan orang yang bukan mahram mereka. Itu tentu jelas tidak sesuai dengan hakikat mengenakan hijab itu sendiri.

Di antara mereka ada yang mengenakan jilbab yang menyerupai punuk unta. Padahal mengenakan jilbab berbentuk seperti ini disebutkan dalam sebuah hadits bahwa mereka adalah salah satu golongan yang akan masuk ke dalam neraka.

Sudah seharusnya, seorang wanita muslimah menjadi kehormatan dirinya dengan memakai pakaian yang syar’i dan tidak mengundang pandangan mata lelaki yang bukan mahramnya. Karena hakikat dari perintah mengenakan hijab adalah agar wanita tersebut terhindar dari fitnah .

Tujuan Mengenakan Jilbab

Ada beberapa tujuan mengapa wanita diwajibkan mengenakan jilbab, berikut di antaranya.

1. Meningkatkan ketakwaan kepada AllahTa’ala

Mengenakan jilbab atau menutup aurat secara sempurna adalah salah satu perintah Allah yang wajib dikerjakan oleh setiap wanita, seperti yang disebutkan dalam firman Allah di atas.

2. Menjauhkan diri dari neraka

Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa seorang wanita yang mengenakan pakaian namun hakikatnya telanjangyakni wanita yang tidak mengenakan pakaian yang sesuai syariatkelak akan menjadi penghuni neraka.

3. Menjaga seorang wanita dari gangguan lelaki

Mengenai hal ini, Allah berfirman,

ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ

Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu.” (QS. Al Ahzab: 59)

As-Sa’di mengatakan bahwa ayat ini menunjukkan bahwa seorang wanita yang tidak mengenakan jilbab atau berpakain terbuka akan lebih mudah digoda oleh lawan jenis.

4. Mengenakan jilbab adalah ciri wanita merdeka

Hendaknya para wanita mengenakan jilbab agar diketahui apakah mereka termasuk dari golongan wanita merdeka atau pun tidak. Asy-Syaukanirahimahullahmengatakan bahwa mengenakan jilbab bertujuan agar mudah mengenali mana wanita yang sudah merdeka, maupun yang masih budak. Jika mengenakan jilbab, itu menandakan bahwa ia adalah seorang wanita yang merdeka.

Selain itu, mengenakan jilbab ternyata juga memiliki manfaat lain apabila ditinjau dari segi kesehatan.

1. Mencegah kanker kulit

2. Merawat kesehatan rambut hingga akar

3. Mencegah kulit hitam di area sekitar leher

4. Mencegah bakteri dan polusi

Itulah beberapa manfaat menggunakan jilbab atau hijab bagi seorang wanita muslimah. Sudah sepatutnya sebagai seorang wanita muslim untuk tidak meninggalkan perintah mengenakan pakaian syar’i ini, dan hendaknya meluruskan niat bahwa mereka menjalankan kewajiban ini hanya untuk Allah semata. Semoga Allah senantiasa memberi hidayah kepada kita untuk selalu teguh pada ketaataan kepada-Nya.