2 Langkah Bagaimana Cara Diet yang Baik dan Benar

Viralkan.id, Dalam menjalankan program diet ada beberapa hal yang memang harus kita terapkan secara disiplin dan teratur. Pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana cara diet yang baik dan benar? Dalam kenyataannya ada banyak program diet di dunia ini. Namun 2 langkah bagaimana cara diet yang baik dan benar adalah tentang kedisiplinan kita akan gaya hidup kita sehari-hari dan atas menu makanan harian yang akan kita konsumsi.

Secara teori memang mudah jika kita berkata akan menjaga pola makan yang baik dan benar, akan tetapi pada kenyataannya Anda pasti akan tergiur dengan berbagai macam menu makanan seperti snack, camilan, keripik ataupun junk food dan makanan siap saji lainnya.

Bagaimana cara diet yang baik bukan berarti kita tidak makan sama sekali atau berjuang mati-matian untuk menahan lapar agar segera terealisasi keinginan kita untuk mendapatkan tubuh yang ideal sesuai dengan tinggi badan kita. Pada kenyataannya pada saat kita menjalankan program diet justru kita tetap dianjurkan untuk makan namun dengan pola menu makan yang berbeda dan juga disiplin untuk makan pada waktu-waktu tertentu serta menghentikan aktifitas makan pada saat-saat tertentu juga. Hal ini berguna untuk dapat memperlancar metabolisme tubuh kita agar tetap lancar dan cepat agar proses pembakaran lemak yang ada di dalam tubuh kita juga berjalan dengan cepat. Jadi memang benar kedisiplinan dan keteraturan adalah modal awal kita untuk menjalankan diet dengan baik dan benar.

Kemudian bagaimana cara diet yang baik itu? Dilansir dalam laman id.wikihow.com, berikut di bawah ini adalah 2 langkah bagaimana cara diet yang baik dan benar yang meliputi gaya hidup yang lebih sehat dan pola menu makanan yang tepat.

1. Perubahan Gaya Hidup yang Harus Anda Lakukan

Ubah Porsi Makanan dan Komposisinya
Kebiasaan makan dengan porsi besar Anda harus segera di rubah, sedikit demi sedikit cobalah untuk mengurangi jatah porsi makan Anda dan berusahalah untuk menyeimbangkan menu makanan harian Anda dengan memperbanyak sayuran serta salad.

Makan Secara Perlahan-lahan

Tubuh kita ternyata membutuhkan waktu sekitar 20 menitan untuk mencerna makanan sebelum otak kita menyadarinya bahwa ternyata kita sudah cukup kenyang. Dengan mencoba untuk makan secara perlahan-lahan, maka itu tidak akan membuat Anda mengkonsumsi lebih banyak kalori.

Tetap Berpikir Positif dan selalu Termotivasi

Banyak dari kita gagal dengan program diet nya di minggu pertama kita bertekad untuk melakukan diet tersebut. Diet bukanlah program instan yang bisa terwujud dalam semalam. Tetaplah berpikir positif dan selalu termotivasi untuk terus melakukan program diet Anda secara benar. Jika Anda punya komitmen dan disiplin yang tinggi untuk diet maka tentu saja tidak ada usaha yang sia-sia dengan memberikan hasil yang akan memuaskan keinginan Anda untuk memiliki tubuh yang ideal secara perlahan-lahan.

2. Pola Menu Makanan Yang Tepat

Stop Konsumsi Junk Food
Seperti kita semua ketahui bahwa Junk Food bahwa makanan yang tidak sehat serta mengandung lemak dan kalori sangat tinggi. Junk food dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dikarenakan kandungan zatnya yang berbahaya. Selain itu juga Junk Food bisa menambah berat badan. Diantara jenis junk food yang ada seperti asinan, gorengan, jeroan dan daging berlemak, sajian manis beku (berbagai macam es krim) dan mie instan, serta makanan yang dibakar  sampai terlihat bekas gosong dan menghitam.

Minum Air Putih Lebih Banyak

Hindari minuman soda serta alkohol karena kedua minuman tersebut mengandung banyak kalori lebih dari kebutuhan tubuh kita serta biasanya justru membuat Anda dehidrasi. Air putih sangat penting bagi program diet Anda, dan juga bagus bagi otot, kulit, ginjal serta pencernaan Anda. Minumlah air putih sedikitnya 8 gelas sehari karena sangat di butuhkan oleh tubuh kita.

Konsumsi Sayur serta Buah
Sayur serta buah-buahan dapat menjadi alternatif yang lain jika Anda ternyata tidak begitu suka minum air putih. Dikarenakan Sayur dan buah-buahan mengandung banyak air serta rendah kalori atau bahkan mungkin nol kalori, mengandung banyak vitamin serta nutrisi lainnya.

Konsumsi Susu Rendah Lemak dan Makanan yang Mengandung Protein
Minum segelas produk susu rendah lemak, keju atau yogurt setiap hari agar bisa memenuhi sepertiga kebutuhan akan kalsium dan juga 17% kebutuhan akan protein tubuh.
Sedangkan konsumsi protein, Anda bisa dapatkan dengan mengkonsumsi makanan ayam atau ikan sekitar sebesar kepalan tangan. Untuk protein hasil dari sayuran umumnya tidak lengkap karena kurang dengan asam amino. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengkonsumsi keduanya secara berimbang.

Konsumsi Lemak Baik dan Karbohidrat Komplek
Kebanyakan orang pasti berfikir untuk melakukan diet seharusnya menghindari lemak. Akan tetapi kenyataannya lemak masih tetap perlu untuk dikonsumsi oleh karena pada dasarnya lemak juga penting bagi tubuh. Lemak bisa memberi energi, menjadikan kulit lebih berkilau, dan juga mengandung berbagai macam vitamin. Sedangkan untuk karbohidrat komplek mengandung serat yang tinggi dan diserap oleh tubuh secara perlahan-lahan sehingga menjadikan Anda kenyang lebih lama.

Lemak yang baik yaitu lemak tidak jenuh. Anda bisa memperolehnya dari minyak zaitun, kenari, alpokat, dan lainnya. Untuk karbohidrat komplek, Anda bisa dapatkan dari nasi merah serta gandum.
Jalankan program diet secara bertahap selangkah demi selangkah. Jangan terlalu memaksakan diri jika Anda tidak terbiasa dan tidak mampu dengan program diet yang sedang Anda jalankan. Oleh karena diet adalah semacam gaya hidup sehat jangka panjang, bukan hanya untuk seminggu ataupun sebulan.

Demikian 2 langkah bagaimana cara diet yang baik dan benar yang bisa Anda lakukan dan menjadikanya gaya hidup sehat Anda sehari-hari.

loading...